Diprosone Cream dan Cara Ampuh Tenangkan Kulit Alergi

diprosone cream

Gatal-gatal dan munculnya ruam kemerahan menjadi salah satu tanda alergi yang paling umum. Biasanya jika seseorang mengalami gejala ini, dokter akan memberikannya resep obat oles, seperti Diprosone Cream, untuk meredakan gejalanya. 

Namun sejatinya, meredakan kulit yang meradang akibat alergi bukan hanya bisa dengan mengandalkan obat oles. Anda juga dapat melakukan sejumlah cara lain dari rumah untuk membuat gatal-gatal akibat alergi berkurang. 

Berikut ini adalah beberapa cara ampuh untuk menenangkan kulit yang gatal-gatal akibat alergi. Nyatanya, menghilangkan gatal-gatal pada kulit tidak melulu harus dilakukan dengan pengobatan oles atau secara topikal. 

Kurangi Konsumsi Lemak, Perbanyak Karbohidrat 

Ternyata tingkat keparahan peradangan pada kulit yang disebabkan oleh reaksi alergi juga sangat berpengaruh terhadap apa yang Anda konsumsi. Melahap makanan-makanan berlemak tinggi, seperti daging merah, cenderung membuat reaksi alergi semakin parah. Untuk menenangkan kulit yang alergi, mulailah melakukan diet rendah lemak. Di samping itu, pula perbanyak mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran untuk mengurangi reaksi alergi.

Ringankan dengan Suplemen  

Beberapa vitamin dan mineral ternyata ampuh membuat kulit lebih tenang dan lembap sehingga gatal-gatal akibat reaksi alergi bisa berkurang. Beberapa suplemen yang patut Anda pertimbangkan untuk mengurangi gejala gatal-gatal karena alergi, antara lain zinc, vitamin A, vitamin C, juga vitamin E. 

Oleskan Obat Topikal 

Penggunaan obat topikal untuk mengatasi peradangan penyebab gatal yang terpicu oleh reaksi alergi tidak bisa dimungkiri tergolong paling ampuh. Anda bisa memilih Diprosone Cream untuk meredakan rasa gatal di kulit, bahkan untuk mengobati kulit bersisik. Selain untuk memulihkan reaksi alergi, Diprosone Cream juga diklaim efektif meredakan gatal-gatal kulit akibat beragam penyakit lain, seperti eksim maupun psoriasis. 

Mandi Air Hangat 

Cobalah untuk berendam air hangat yang dicampur garam untuk meredakan rasa gatal akibat alergi yang mengganggu. Namun, jangan terlalu lama saat berendam karena akan membuat kulit Anda kering dan memicu masalah kulit lainnya, seperti eksim. Jika ingin membuat kulit lebih tenang dan rasa gatal mereda, Anda cukup berendam air hangat maksimal 15 menit tiap harinya. 

Lakukan Akupunktur 

Akupunktur merupakan terapi China kuno yang dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit. Lewat terapi ini, gejala gatal-gatal karena alergi dipercaya juga mampu berkurang. Tak ayal, akupunktur dapat menjadi pilihan yang masuk akal bagi pasien yang tertarik dengan terapi yang tidak menggunakan obat-obat kimia dengan biaya yang tidak terlalu mahal. 

Pasang Filter Udara 

Membuat udara di rumah lebih bersih adalah cara terbaik untuk menenangkan kulit Anda. Salah satunya, Anda bisa memasang filter udara di rumah Anda guna memastikan tidak ada penyebab alergi yang bisa memperparah kondisi yang tengah Anda alami. Penyebab alergi yang dimaksud bisa berupa debu, serbuk sari, maupun bulu hewan peliharaan. Disarankan Anda memilih pemasangan filter udara dengan partikulat efisiensi tinggi atau HEPA untuk memaksimalkan manfaatnya meredakan gejala kulit alergi Anda. 

Coba Manfaat Madu  

Anda juga bisa menenangkan kulit yang gatal—gatal menggunakan bahan alami. Tidak sulit untuk menemukan madu di supermarket atau mungkin tersedia di dapur Anda. Cobalah oleskan madu secara tipis ke area kulit yang terasa gatal. Mengandung antimikroba dan bersifat melembapkan, madu yang dioleskan dan dibiarkan mengering akan membuat kulit Anda lebih lembap dan gatal-gatal berkurang. 

Bisa jadi walaupun Anda sudah melakukan berbagai cara di atas serta mengoleskan Diprosone Cream, gatal-gatal karena alergi Anda belum juga berkurang. Jika demikian, Anda mungkin membutuhkan suntikan ataupun obat oral untuk mengatasi gejala alergi tersebut. Tentu saja Anda mesti berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu terkait penanganan tersebut.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *