Cara Atasi Eksim pada Anak dengan Sebamed Baby

sebamed untuk kulit bayi

Eksim adalah suatu kondisi di mana terdapat gangguan pada kulit yang ditandai dengan adanya iritasi, kemerahan, kulit menjadi kering, bergelombang, dan gatal. Ada beberapa jenis eksim, tetapi yang paling umum yang dialami oleh banyak orang adalah dermatitis atopik. Bagi kebanyakan orang, “eksim” dan “dermatitis atopik” memiliki arti yang sama. Anda bisa mengobati dan mengatasi eksim pada bayi dengan menggunakan produk pelembap, salah satunya yaitu Sebamed Baby Care Cream.

Gejala Eksim

Eksim yang dialami pada bayi pada umumnya menunjukkan gejala seperti:

  • kulit menjadi kering dan gatal
  • muncul bercak kemerahan, sisik, dan benjolan yang dapat mengeluarkan cairan dan kemudian mengeras
  • gejala bisa datang dan pergi, serta terkadang menjadi lebih buruk
  • sering menjadi parah saat malam hari.

Gejala juga bervariasi pada bayi dan anak-anak serta remaja. Untuk bayi yang berusia kurang dari 1 tahun, pada umumnya mengalami ruam eksim pada pipi, dahi, atau kulit kepala. Ruam tersebut dapat menyebar ke lutut, siku, dan badan. Untuk anak-anak yang lebih besar dan remaja, biasanya mengalami ruam pada lipatan siku, di belakang lutut, di leher, atau di pergelangan tangan dan pergelangan kaki bagian dalam. Kulit mereka akan lebih bersisik dan kering saat eksim pertama kali dimulai. Selain itu, kulit yang mengalami eksim bisa jadi lebih tebal dan lebih gelap yang sering disebut sebagai likenifikasi.

Pengobatan Eksim

Sebetulnya, saat ini tidak ada obat untuk eksim. Akan tetapi perawatan dapat membantu mengobati gejala eksim yang timbul. Dokter akan merekomendasikan perawatan yang berbeda berdasarkan seberapa parah gejala, usia anak, dan lokasi di mana ruamnya terjadi. Beberapa pengobatan yang bersifat topikal dan dioleskan ke kulit, seperti menggunakan Sebamed Baby Care Cream. Ada juga pengobatan secara oral atau yang mengharuskan untuk mengonsumsi obat. Berikut beberapa metode pengobatan untuk mengatasi eksim.

Pelembap topikal

Kulit harus sering diaplikasikan pelembap, idealnya, dua atau tiga kali sehari. Waktu terbaik untuk mengoleskan pelembap adalah setelah mandi. Oleskan pelembap seperti Sebamed Baby Cream dengan ditepuk-tepuk secara lembut agar bisa menyerap secara sempurna di kulit. Salep (seperti petroleum jelly) dan krim adalah pengobatan yang terbaik karena mengandung banyak minyak. Sedangkan lotion cenderung mengandung terlalu banyak air, jika dibandingkan dengan petroleum jelly.

Kortikosteroid topikal, juga disebut kortison atau krim atau salep steroid

Metode pengobatan ini dapat meredakan peradangan kulit. Akan tetapi, penting untuk tidak menggunakan steroid topikal yang diresepkan untuk orang lain. Hal ini karena krim dan salep memiliki kadar yang berbeda-beda, dan menggunakan dosis atau kadar obat yang salah di area sensitif dapat merusak kulit, terutama pada bayi.

Obat anti inflamasi topikal lainnya

Obat-obatan ini termasuk obat yang dapat mengubah cara sistem kekebalan kulit bereaksi.

Obat yang diminum melalui mulut

Metode pengobatan ini dapat termasuk mengonsumsi antihistamin (obat anti alergi) untuk membantu anak-anak yang mengalami gatal, bisa tidur lebih nyenyak di malam hari, antibiotik jika ruam terinfeksi oleh bakteri, dan pil kortikosteroid atau obat lain yang menekan sistem kekebalan tubuh.

Anda juga bisa menggunakan krim yang dijual bebas di apotek atau toko, seperti Sebamed Baby Care Cream. Sebamed Baby Care Cream merupakan pembersih kulit hypoallergenic, yang membantu melindungi kulit daerah pantat bayi, serta dapat dengan cepat meredakan radang di daerah tersebut. Sebamed Baby Care Cream juga mengandung 36% lipid lecithin yang menjadi bagian sistem hidrolipid kulit, serta squalene yang membuat lapisan perlindungan kulit. Selain itu, produk ini juga cocok untuk mengatasi kondisi eksim pada bayi. Anda bisa mendapatkan produk Sebamed Baby Care Cream dengan harga Rp 160.000 untuk kemasan isi 100 mL.

Referensi:

Healthy Children. https://www.healthychildren.org/English/health-issues/conditions/skin/Pages/How-to-Treat-and-Control-Eczema-Rashes-in-Children.aspx

Diakses pada 25 Juli 2021

KidsHealth. https://kidshealth.org/en/parents/eczema-atopic-dermatitis.html

Diakses pada 25 Juli 2021

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *