Cara Alami Mengatasi Diare Tanpa Obat Lodia

Anda pasti akan mengonsumsi obat Lodia dan sejenisnya ketika mengalami diare, dan berharap diare segera hilang dari perut Anda sehingga Anda tidak perlu bolak-balik ke kamar mandi yang membuat Anda lelah.

Karena ingin segera cepat hilang, Anda pun mengonsumsi obat diare secara berlebihan yang akhirnya menyebabkan efek samping dan komplikasi pada tubuh yang membuat Anda dirawat di rumah sakit.

Sebenarnya, Anda tidak perlu seperti itu. Konsumsilah obat sewajarnya, dan biarkan obat bekerja efektif di usus tempat terjadinya diare.

Namun jika Anda menginginkan tidak ada efek samping dari penggunaan obat, Anda dapat melakukannya dengan cara-cara alami tanpa konsumsi obat sama sekali sehingga tubuh Anda pun aman.

Apa saja itu? Yuk mari kita simak!

Menambah Asupan Cairan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menambah asupan cairan. Hal ini karena diare menyebabkan tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi.

Kondisi ini tentu saja sangat berbahaya karena dapat memperburuk tubuh yang membuat tubuh jadi lemas, dan bahkan bisa menyebabkan kematian jika tidak ditangani.

Karena itu segera minum cairan yang sangat dianjurkan, yaitu air putih. Selain air putih, Anda juga bisa meminum Oralit, serta jus buah tanpa gula.

Hindarilah minuman-minuman berkafein, alkohol, soda, dan minuman sangat panas karena dapat memperburuk hidrasi pada tubuh Anda.

Melakukan Diet Pemulihan 

Diet pemulihan di sini adalah Anda mengonsumsi makanan-makanan seperti pisang, nasi, saus apel, dan roti panggang yang membantu mencegah cairan keluar terlalu banyak akibat diare.

Selain itu, diet pemulihan dengan makanan rendah serat dan tinggi Pati  ini dapat membantu pergerakan usus menjadi lebih padat. 

Namun sebaiknya lakukan diet ini ketika Anda merasa lebih baik atau tidak lebih baik dari 2 hari menderita diare.

Hindari makanan tertentu

Apabila Anda berniat mengatasi diare tanpa obat Lodia, Anda harus menghindari makanan-makanan tertentu yang dapat menyebabkan diare tidak kunjung usai.

Makanan pedas sudah pasti harus Anda hindari karena itu merupakan penyebab diare. Selain makanan pedas, Anda harus menghindari makanan tinggi lemak dan berminyak, makanan tinggi fruktosa serta makanan dengan pemanis buatan.

Mengonsumsi probiotik

Anda bisa juga mengonsumsi makanan dan minuman probiotik yang ternyata dapat secara signifikan mempersingkat durasi pemulihan dari diare.

Minuman probiotik sendiri oleh para ahli disebut tidak memiliki efek samping sekali sehingga aman dikonsumsi.

Mengonsumsi kemiri

Tumbuhan yang satu ini akrab di telinga sebagai bumbu masakan serta dapat dijadikan sebagai minyak. 

Namun ternyata kemiri juga dapat digunakan untuk mengatasi diare secara alami karena mengandung serat yang dapat memperlancar proses pencernaan, dan antimikrona yang dapat menghentikan diare.

Merebus Daun Pandan

Daun pandan yang sehari-hari Anda sering temukan untuk pewangi dan bumbu makanan juga dapat Anda konsumsi untuk menghentikan diare.

Caranya adalah dengan merebus daun tersebut lalu diminum cairannya. Daun pandan sendiri mengandung ekstrak antimikroba dan antibakteri yang dapat membersihkan bakteri berbahaya di dalam usus.

Mengonsumsi Jambu Biji

Ketika Anda diare, jambu biji bisa Anda konsumsi agar diare reda. Buah yang satu ini mengandung vitamin C dan flavonoid yang berfungsi menjaga kesehatan pencernaan.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk dapat mengatasi diare secara alami yang tidak menimbulkan efek samping sehingga aman bagi tubuh untuk dikonsumsi.

Apabila ternyata cara meredakan diare tanpa obat Lodia ini tidak manjur, segera konsumsi obat sewajarnya, dan hubungi dokter jika diare masih berlanjut.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *