Cek Posisi Berhubungan yang Bagus Saat Hamil 5 Bulan Berikut Ini!

Aktivitas berhubungan intim adalah salah satu kegiatan menyenangkan bagi pasangan suami istri agar dapat terus menjaga keharmonisan dengan pasangan. Selain itu, kegiatan ini juga baik bagi kesehatan fisik Ibu, dapat memperbaiki kualitas tidur, hingga bisa menjadi mood booster bagi Ibu. Lalu, bagaimana posisi berhubungan yang bagus saat hamil 5 bulan?

Memang, berhubungan intim saat Ibu sedang hamil dapat dikatakan tak semudah dulu untuk dilakukan dengan pasangan. Pasalnya, saat sedang hamil Ibu mengalami banyak perubahan dalam dirinya baik secara fisik maupun psikologis. salah satu contohnya adalah perubahan pada bobot Ibu akibat perut yang semakin besar. hal ini jelas akan membuatnya tak semudah dulu dalam bergerak. Diluar itu, sangat penting juga untuk memastikan perut Ibu tidak tertekan saat berhubungan intim. ini dilakukan untuk menghindari rasa tidak nyaman pada Ibu ketika melakukannya. 

Berangkat dari masalah tersebut, inilah alasan mengapa pentingnya untuk memerhatikan posisi berhubungan  yang bagus saat hamil. Saat pasangan dapat mengetahui bagaimana posisi berhubungan yang bagus saat hamil, Ibu akan lebih mudah merasa nyaman dan tetap bisa menikmati aktivitas sensual dengan pasangan meski tengah hamil. Berikut adalah beberapa posisi berhubungan yang bagus saat hamil yang bisa Anda dan pasangan coba:

1. Posisi Woman on top

Posisi berhubungan yang bagus saat hamil 5 bulan yang dapat Anda dan pasangan coba adalah posisi Woman on top. Posisi ini cenderung lebih aman karena Ibu berada diatas pasangan sehingga resiko perut tertekan akan semakin minim. 

Lakukan posisi ini dengan meminta pasangan berbaring dan Ibu duduk di atasnya dengan senyaman mungkin.  Ini juga dapat membantu Ibu dalam menentukan sendiri kedalaman penetrasi yang membuatnya nyaman. 

2. Posisi berdampingan

Berbaringlah dengan saling berhadapan, kemudian kaki pasangan diletakkan diatas kaki Ibu, dan kaki Ibu ditekuk sesuai kenyamanan. Posisi ini adalah salah satu posisi yang bisa dicoba karena penetrasi akan masuk dengan lebih dangkal dan tidak terlalu dalam. 

Pada posisi berdampingan tidak ada yang memikul berat pasang sehingga aktivitas ini dapat dilakukan dengan lebih nyaman terutama pada Ibu hamil.

3. Posisi Spooning

Posisi Spooning dilakukan dengan cara Ibu berbaring senyaman dengan memunggungi pasangan lalu pasangan melakukan penetrasi dari belakang. Pastikan posisi perut Ibu senyaman mungkin dan tidak tertekan agar tetap nyaman dan rileks.

4. Posisi duduk berhadapan

Tak hanya dilakukan diatas ranjang, posisi ini juga cukup nyaman pasangan lakukan di atas sofa. Ibu akan duduk dengan menekuk kaki senyaman mungkin dan pasangan pasangan akan melakukan penetrasi dari depan seperti biasa.

Pada posisi ini Ibu juga bisa menambahkan bantal pada punggung sebagai penyangga agar lebih rileks dan nyaman.

5. Posisi Misionaris

Posisi ini dilakukan dengan berbaring berhadapan dan suami melakukan penetrasi dari atas seperti biasa. Ketika Ibu sudah memasuki usia kehamilan selanjutnya, bisa menambahkan beberapa bantal dibawah pinggul ibu agar posisinya menjadi setengah duduk. 

Dalam posisi ini, suami harus melakukannya dengan ritme yang perlahan agar Ibu tetap nyaman.

6.  Doggy style

Posisi berhubungan yang bagus saat hamil selanjutnya yang bisa dicoba adalah Doggy style. Posisi yang satu ini mengharuskan Ibu setengah berlutut dengan bertumpu pada lengan, kemudian pasangan akan melakukan penetrasi dari belakang. Untuk menyangga perut, Ibu bisa menambahkan beberapa tumpukan bantal di bawah siku agar bisa lebih nyaman.

Apakah ada posisi yang harus dihindari saat Ibu tengah hamil?

Sebenarnya semua posisi cukup aman untuk dilakukan saat Ibu sedang hamil lima bulan. Yang perlu diperhatikan adalah pastikan Ibu dan janin dalam keadaan yang sehat dan memang tidak ada larangan dari dokter mengenai aktivitas ini. 

Ketika Ibu tengah memasuki trimester ketiga, sebaiknya hindari melakukan posisi berhadapan yang terlalu lama sehingga menyebabkan perut Ibu tertekan. ditakutkan,  Ibu akan mudah merasa sesak dengan aktivitas ini. 

Tips berhubungan intim agar tetap aman dan nyaman ketika hamil:

  1. Periksakan kandungan dengan rutin cek ke dokter

Ini dapat membuat pasangan mengetahui apakah kehamilan normal atau terdapat gangguan serta gejala tak biasa pada Ibu dan janin. Ketika sudah mengetahui kesehatannya, dokter akan memberikan informasi mengenai anjuran aman berhubungan intim saat Ibu sedang hamil.

  1. Perhatikan kondisi psikis dan biologis Ibu 

Saat hamil lima bulan Ibu akan terus mengalami beberapa perubahan baik secara psikis dan biologis. Beberapa juga mengalami keluhan seperti semakin mudah lelah, kram perut, perubahan suasana hati, mudah pusing, hingga penambahan berat badan. 

Kondisi-kondisi seperti ini perlu diperhatikan sebelum mengajak Ibu berhubungan. Pastikan Ibu dalam keadaan yang baik dan tidak mengalami keluhan yang dapat membuatnya enggan melakukan aktifitas berhubungan intim. 

  1. Perhatikan kenyamanannya

Saat sedang hamil 5 bulan, tak semua posisi dapat dilakukan dengan leluasa. Berat badan Ibu yang semakin bertambah akan membuatnya menjadi lebih sulit dalam bergerak dan cenderung mudah lelah serta sesak nafas.

Inilah pentingnya untuk mengetahui posisi berhubungan yang bagus saat hamil 5 bulan agar Ibu tetap nyaman saat melakukan aktivitas sensual dengan pasangan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *